Home » » Cara Membuat Barcode / Kode Batang (QD Code Symbols, 2D Barcode, dan Decode Barcode Image)

Cara Membuat Barcode / Kode Batang (QD Code Symbols, 2D Barcode, dan Decode Barcode Image)

Berawal dari penasaran tentang BARCODE di Blackberry. Akupun cari tau tentang cara bikin barcode. Tapi sempat kesasar berkali-kali ke situs yang gk jelas. Bukan nulis tentang artikel tentang cara membuat barcode tapi malah jelasin tentang detail barcode. Dan akhirnya nemuin artikel yang pas buat di tulis di catatan ku ini.. 

Ada banyak jenis barcode, Namun hanya beberapa aja yang aku tulis. Pertama kita mulai dengan QR Code Symbols

1. QD Code Symbols 
QD Code adalah seperti gambar di samping. Kode Batang yang biasanya kita jumpai untuk Code Grup Blackberry, Kode URL, Kode Text atau Code Contact Person.

Sebelum kita kasih tau caranya. Coba deh di cek Barcode di atas. Barcode tersebut berisi http://catatanhaydarali.blogspot.com/. Dengan code tersebut anda bisa langsung ke URL yang dimaksud pembuat melalui gadget anda. Cara membuatnya sangatlah sederhana yaitu dengan QD Code Generator, seaching aja di google dengan kata kunci "QD Code Generator". QD Code Generator diantaranya seperti Morovia, Invx, SnapMaze, Kaywa.

2. Linear Barcode

Untuk Linear Barcode atau Batang Kode Garis seperti yang biasa dipakai untuk serial number, product ID, kartu identitas, dst kita bisa gunakan www.barcode.tec-it.com sebagai Linear Barcode Generator. Sebagai contoh saya membuat Linear Barcode dengan Code-128 berisikan nama saya HAYDAR ALI.

3. ISBN Code

ISBN Code biasa dipakai untuk Nomor Buku, Catalog, Code Tanggal dll. Untuk membuat ISBN Code kita juga bisa gunakan www.barcode.tec-it.com sebagai "Barcode Generator" nya.


4. Business Card Barcode

Business Card Barcode?? Dari namanya aja pasti dah ketahuan kalo ini adalah barcode untuk Kartu Bisnis atau Kartu Nama yang memuat data dari mulai nama, alamat, telepon, kode pos sampai alamat email dan website. Untuk membuat Business Card Barcode kita juga bisa gunakan www.barcode.tec-it.com sebagai "Barcode Generator" nya.


5. Event Barcode

Event Barcode adalah Barcode yang berisikan tentang suatu event/ kejadian / peristiwa  atau bisa di pakai sebagai undangan khusus. Di dalam Event Barcode terdapat data kapan dimulai acara hingga selesai acara. Untuk membuat Event Barcode kita juga bisa gunakan www.barcode.tec-it.com sebagai "Barcode Generator" nya.


Sumber : http://catatanhaydarali.blogspot.com
Share this article :

3 komentar:

  1. Terimakasih mas brow atas infonya.
    tambah ilmu,

    ReplyDelete
  2. enak ya bisa buat barcode, apalagi online
    makasih infonya kawan...

    ReplyDelete
  3. ternyata ada juga ya generator barcode 1D, sementara sekarang sudah banyak berpindah ke barcode 2D.

    ReplyDelete